Info Terbaru 2022

Aplikasi Penyusunan Rks - Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd-Mi Dengan Excel

Aplikasi Penyusunan Rks - Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd-Mi Dengan
Excel
Aplikasi Penyusunan Rks - Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd-Mi Dengan
Excel
OPERATORSEKOLAH.COM - Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel merupakan jadwal rekomendasi untuk menciptakan laporan Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah di tahun Pelajaran 2016-2017 kini ini bahkan bisa dipakai untuk tahun berikutnya 2017 - 2018 tergantung dari juknis, namun secara umum fitur dan fungsi pada jadwal ini sudah sangat fleksibel.
MI dengan Excel merupakan jadwal rekomendasi untuk menciptakan laporan Rencana Kerja Sekolah  Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel

Mengenal lebih akrab perihal RKS dan RKAS

Setiap tahun satuan pendidikan dituntut menjawab tiga problem dengan memakai perangkat indikator kinerja dalam rangka melaksanakan pengkajian obyektif terhadap capaian indikator SPM, Akreditasi, SNP serta pengumpulan bukti mengenai kinerja peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan.

Sekolah/Madrasah sebagai suatu lembaga/institusi mempunyai satu tujuan atau lebih. Langkah mencapai tujuan tersebut, perlu disusun rencana, tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Pada umumnya tujuan Sekolah/ Madrasah tercermin dalam bentuk Visi dan Misi Sekolah/Madrasah. Untuk mencapai visi dan misinya Sekolah/Madrasah menyusun perencanaan jadwal dan acara yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS) atau Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M).

Umumnya Sekolah/Madrasah cenderung statis dan mulai bergerak sesudah problem muncul ke permukaan. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasi problem yang sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatan kinerja Sekolah/Madrasah atau untuk mengantisipasi perubahan dan tuntutan jaman. Pada umumnya Sekolah/Madrasah lebih mengutamakan pengembangan fisik, padahal pengembangan non fisik jauh lebih penting, sebab salah satu tujuan utama Sekolah/Madrasah yaitu menghasilkan anak didik yang bermutu.

Visi dan Misi Sekolah/Madrasah pada umumnya masih bersifat umum, sehingga perlu dijabarkan/dirinci dan programnya harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Sekolah/Madrasah. Sangat sering ditemukan Sekolah/Madrasah tidak mempunyai jadwal yang relevan atau tidak sesuai dengan Visi-Misinya.

RKS/M sebaiknya dibentuk bersama secara partisipatif antara pihak Sekolah/ Madrasah (KS dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan menyerupai Komite Sekolah/Madrasah, tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, Sekolah/Madrasah telah memperlihatkan perilaku keterbukaan dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memi-liki, serta sanggup mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa bahagia menawarkan dukungan atau pemberian yang diharapkan Sekolah/Madrasah.

RKS/M disusun dan dilaksanakan menurut kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan administrasi berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) yang dirumuskan sebagai penilaian diri Sekolah/ Madrasah (EDS/M), dikaitkan dengan praktek dan tugas kelembagaan yang memang sudah berjalan, seperti:
  • Manajemen Sekolah/Madrasah
  • Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah
  • Akreditasi Sekolah/Madrasah
  • Implementasi SPM dan SNP
  • Peran Pengawas Sekolah/Madrasah
 Secara singkat EDS/M dirancang untuk dipakai oleh Tim Pengembang Sekolah/ Madrasah (TPS/M) dalam melaksanakan penilaian kinerja Sekolah/Madrasah terhadap pencapaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP)

TUJUAN
Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan memakai tools ini adalah:
a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara terencana (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing menurut hasil analisis penilaian diri Sekolah/Madrasah.
b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus sanggup memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.
c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara sedikit demi sedikit yang dituangkan dalam RKS/M.
d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).
e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.
f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) sanggup menuntaskan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan acara dan penggunaan angggaran.
MI dengan Excel merupakan jadwal rekomendasi untuk menciptakan laporan Rencana Kerja Sekolah  Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel

MI dengan Excel merupakan jadwal rekomendasi untuk menciptakan laporan Rencana Kerja Sekolah  Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel
Fasilitas pelengkap pada aplikasi RKS - RKAS
Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan memakai tools ini menawarkan manfaat sebagai berikut: a) Sekolah/Madrasah mempunyai profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M). b) Sekolah/Madrasah mempunyai laporan EDS/M yang sanggup dipakai sebagai materi rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus mempunyai potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.

Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKS/M 4 tahun menurut hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus. d) Sekolah/Madrasah mempunyai rancangan RKAS/M untuk 4 tahun. e) Sekolah/Madrasah mempunyai LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah). f) Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.

Untuk Panduan Penggunaan silahkan download dan baca petunjuk teknisnya, sudah terlampir dengan Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel. SILAHKAN DIDOWNLOAD.
Link Google Drive:
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90