Penilaian yang efektif harus dilakukan secara komprehensif dan berlangsung terus menerus sesuai dengan sifat anak yang dinamis dan terus mengalami proses. Hasil dari evaluasi akan menjadi acuan dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran selanjutnya sehingga pembelajaran menjadi suatu siklus antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara terus-menerus.
Materi pembahasan didalam Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Versi Resmi ini ialah sebagai berikut :
- Pengertian Penilaian Anak Usia Dini
- Alasan PAUD perlu dilakukan penilaian
- Hal-Hal yang dinilai Dalam Penilaian PAUD
- Kapan Waktu melaksanakan evaluasi terhadap anak
- Siapa yang melaksanakan evaluasi terhadap anak PAUD
- Cara Melakukan proses evaluasi PAUD
- Prinsip-prinsip dalam melaksanakan evaluasi PAUD
- Cara Melakukan proses pengamatan terhadap anak PAUD
- Portofolio: Tempat menyimpan semua data/informasi perihal anak
- Cara mengolahdata/informasi perihal anak PAUD
- Langkah-langkah dalam mengolah data Penilaian Anak
- Kompilasi Data hasil evaluasi Anak Usia Dini
- Mengisi Data ke dalam Penilaian Perkembangan Anak
- Pelaporan perkembangan anak kepada orang tua
- Etika Pelaporan, Jenis Pelaporan, dan Waktu Pelaporan
- Bentuk Pelaporan Semester (Raport PAUD)
Anak yang berkembang secara optimal akan menjadi anak yang berpotensi untuk menjadi anak yang matang dalam setiap tahap dan aspek perkembangannya. Dengan demikian diperlukan bahwa anak sanggup memasuki tingkat pendidikan selanjutnya sesuai dengan kematangan usia dan kemampuannya, menjadi anak yang kompeten dan berkepribadian. Selengkapnya silahkan download dalam bentuk PDF untuk Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Versi Resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD melalui link download berikut ini:
Download Link:
Advertisement