Rencana pembelajaran PAUD ialah kurikulum operasional yang dijadikan contoh bagi guru untuk mengelola kegiatan bermain untuk mendukung anak dalam proses belajar. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibentuk sebelum pelaksanaan pembelajaran
1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP)
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan kriteria minimal perihal kualifikasi perkembangan anak yang meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
2. Kompentensi Inti (KI)
Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki penerima didik PAUD pada usia 6 tahun.
3. Kompentensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti.
4. Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar
Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting ialah proses berguru yang menumbuhkan anak bahagia belajar, bahagia melaksanakan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi sebab evaluasi atau assessment pada kegiatan anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai contoh guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan materi yang diperlukan, mengarahkan guru untuk membangun sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak dan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Selengkapnya untuk Download Ebook Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 PDF silahkan klik pada link dibawah ini:
Download Link:
Advertisement